Gaza dan Malam-Malam Mencekam

Gemerlap bintang di langit telah berganti menjadi rudal jahanam. Malam-malam di Gaza saat ini digempur meriam. Udara diselimuti bau mesiu dan dihantui fosfor putih. Tak ada sudut untuk warga bersembunyi dari okupasi dan agresi militer Israel. 


Suasana saat ini di Gaza, Palestina begitu mencekam. Kebrutalan dan kematian yang mereka hadapi sedekat urat nadi. Tak ada jeda untuk bernapas. Diam bukanlah pilihan. 


Merespons situasi ini, Penakota berkolaborasi dengan @salamsetara dan @relawangesit mengajak kamu untuk segenap bersolidaritas mengantarkan rasa kepedulian sesama kepada warga di Palestina. Kamu bisa tunjukan rasa kepedulianmu dengan cara menyuarakan kesedihan, kemarahan dan keprihatinan lewat tindakan berupa tulisan berupa puisi atau cerpen.


Kami mengajak kamu mengikuti kampanye menulis puisi atau cerpen dengan tema \"Gaza dan Malam Mencekam\". Harapannya kampanye ini bisa sedikit memberikan cahaya kepada warga yang masih tenggelam dalam ketakutan dan ketidakpastian di Gaza. Juga menjadi wakil dari suara-suara yang dibungkam dan tidak terdengar untuk kita sebarkan lebih luas.


Mari perkuat solidaritas kemanusiaan dengan menuliskan perasaan dan pikiranmu terkait “Gaza dan Malam-Malam Mencekam”.


Dikirim paling lambat tanggal 20 November 2023 pukul 23.59 WIB. 


  • 3 Penulis dengan karya terfavorit akan dikurasi oleh Tim Penakota dan berhak mendapatkan buah tangan berupa paket belanja buku pilihanmu sendiri (maksimal Rp120.000 dan termasuk ongkos kirim).
  • Selain itu, 3 karya terfavorit juga akan ditampilkan di laman utama website Penakota selama dua pekan sejak terpilihnya karya.


Selain mengajak kamu ikut serta kampanye menulis, Penakota juga mengajak kamu untuk berdonasi dengan cara klik tombol donasi di bawah narasi kampanye atau bisa langsung klik tautan berikut: https://ktbs.in/untukgaza

Tampilkan lebih banyak

Batas pengumpulan karya: 20 Nov 2023
Lihat syarat dan ketentuan

Karya Penulis

Syarat dan ketentuan
  • Tema karya mengenai “Gaza dan Malam-Malam Mencekam” (tentang korban kejahatan perang, Palestina dan solidaritas kemanusiaan)
  • Minimal jumlah kata: 30 kata
  • Maksimal jumlah kata: bebas.
  • Karya bisa berupa puisi dan cerpen
  • Ditulis langsung di website penakota.id (sertakan hashtag #UntukGaza pada akhir karya)
  • Input akun IG kamu di profil akun Penakotamu agar memudahkan kami menghubungi jika karya kamu terpilih menjadi favorit
  • Setelah kampanye menulis usai, semua karya akan kami himpun dalam satu antologi bersama berbentuk PDF.
  • Jangan lupa follow akun Instagram @penakota.id @relawangesit @salamsetara