Camilan
Rak Pen...
Wisata
Jendela
Lainnya

Tentang Penakota.id

Penakota.id adalah media tampung literatur pusparagam.

Para penulis bisa secara langsung menulis karya sastra berupa puisi, prosa, dan naskah drama. Selain itu, kami juga menerima artikel berupa resensi, esai, kritik sastra, opini, memoar, catatan pertunjukan, jurnal perjalanan dan bentuk nonfiksi lainnya. Setiap minggunya kami memilih karya sastra terpilih yang akan masuk di rubrik Kertas Mingguan. Sebuah apresiasi dari proses kontemplasi, publikasi, seleksi hingga dialektika di antara para pembaca.

Dengan tujuan mengakomodasi minat serta potensi literasi di media siber, Penakota.id diluncurkan pada 1 Juli 2017, sebagai wadah untuk berbagi gagasan, cerita, dan apresiasi.

Penakota.id bergerak di dunia siber. Dunia siber kami pandang sebagai dunia tanpa batas, siapa dan di mana saja selama terhubung internet dapat mengakses dengan mudah. Oleh karena itu, kami berharap situs Penakota.id dapat diakses dengan mudah, cepat dan tepat guna.

Penakota secara harfiah memiliki makna sebuah situs dengan beragam tulisan, dan penulisnya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. Kami tidak hendak mengatakan bahwa kota adalah gedung tinggi menjulang dengan polusi di dalamnya. Bukan juga desa dengan keeksotisan sawah dan gunung. Kota hanyalah sebuah nama. Sebuah tempat saja untuk para warganya beraktivitas (menulis, disuksi dan berbagi).

Kota dan desa seperti pita möbius yang penuh enigma. Kami ingin menghindari perspektif usang soal paradoks dikotomi eksklusif-inklusif, demarkasi antara lokal dan global, atau karya populer dan serius. Kami berada di tengah-tengah. Di hamparan desa global bernama Penakota.

Maka, secara filosofis Penakota.id merupakan wadah yang selalu ramai dengan gagasan beragam dari segala penjuru Indonesia. Kami menghargai dan mengapresiasi keragaman dan diri yang autentik.

Alamat Kami
Kebon Jeruk Intercon Blok J5
no.14, RT.2/RW.12
Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat 11630