Buka Puisi Bersama 2

Puisi telah mewarnai perjalanan sastra di tanah air sejak masa pra-kemerdekaan hingga sekarang. Siapa yang tak kenal dengan puisi "Aku" milik Chairil Anwar? Kini puisi semakin digandrungi anak muda dengan berbagai bentuk dan adaptasinya. Tak terelakkan, rangkaian kata bergelimang makna mampu menyentuh banyak lapisan masyarakat.

 

Pada momen Hari Buku Nasional yang bersamaan dengan situasi pandemi, Ziliun dan Penakota mengadakan sebuah campaign dengan tajuk #BukaPuisiBersama. Tema yang ingin kami angkat dalam campaign yang didukung oleh TEMPO dan Perpustakaan Nasional ini adalah “Cerita di Saat Pandemi”. Kami ingin setiap orang mengekspresikan perasaan dan pikirannya ketika menjalani masa pandemi yang penuh tantangan dengan puisi. Bentuk dan teknik penulisan puisi bebas. Eksplorasi, penggalian dan kesegaran teks dapat menjadi daya pikat lebih.

Hadiah:

  • Karya pemenang utama dimuat di website Ziliun, Penakota, dan tempo.co
  • Kelas menulis intensif bersama Tempo Institute untuk 20 peserta terbaik
  • Paket berisi buku dari Penakota dan merch berupa visualisasi hasil karya dari Ziliun untuk 4 pemenang utama (total ada 8 buku)
Tampilkan lebih banyak

Batas pengumpulan karya: 24 Apr 2021
Lihat syarat dan ketentuan

Karya Penulis

Syarat dan ketentuan
  • Tema “Cerita di Saat Pandemi” (tentang menjalani hari ketika pandemi, tantangan dan eksplorasi di dalamnya)
  • Maksimal jumlah kata: 50 kata
  • Syarat peserta maksimal berusia 30 tahun
  • Ditulis langsung di website penakota.id (sertakan hashtag #BukaPuisiBersama2 pada akhir karya)
  • Diunggah juga dalam bentuk visualisasi puisi melalui Instagram Story dan feed di akun Instagram masing-masing dengan tagar #BukaPuisiBersama dan menandai akun @ziliun, @penakota.id dan @tempo.institute
  • Bentuk dan desain visualisasi puisinya bebas
  • Dikirim paling lambat tanggal 5 Mei 2021 pukul 23.59 WIB