GAYAHIDUP
10 Sep 2017 11:00
2793
Selintas Membaca Kembali The Brims

Penakota.ID - Korps Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah unit (Korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru Tua. Brimob termasuk satuan elit atau pasukan khusus dalam jajaran kesatuan POLRI. Brimob tergolong sebagai sebuah unit paramiliter negara ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya.

Bertahun-tahun yang lalu, setiap unit memiliki band sendiri untuk menunjukkan pandangan mereka tentang kehidupan dan keadilan sosial, salah satunya band legenda The Brims. The Brims adalah salah satu band yang dimiliki unit Brimob Republik Indonesia yang beraliran rock dengan campuran psychedelic freakbeat.

Lagu yang paling tersohor dari The Brims ialah Anti Gandja. Lagu tersebut termasuk lagu trippy yang meneriakkan semangat anti obat-obatan terlarang. Kendati dinyanyikan untuk memkampanyekan anti narkotika, musik Anti Gandja nyatanya malah membuat para pendengarnya mabuk nan teler. Seperti apa yang dikatakan oleh Decky Arrizal melalui Rolling Stone.

Lagu ini dibuka dengan lirik, 'Jangan suka coba-coba menghisap gandja'. Tidak ada yang salah memang, tapi menurut Arrizal anehnya lagu tersebut justru memiliki nada-nada yang memabukkan nan teler; membuat Anti Gandja menjadi salah satu lagu psychedelic Indonesia yang baik sekaligus paradoks dengan tema perang terhadap narkotika pada saat itu.

Kendati bertentangan dari segi musik dengan tujuan pembuatan lagu, Arrizal bilang Anti Gandja merupakan salah satu lagu yang banyak dipuji oleh penikmat musik tanah air.

"Fakta bahwa lagu ini masuk menjadi salah satu lagu dalam kompilasi Indonesian Hard, Psychedelic, Progressive Rock and Funk 1970-1978 yang menuai banyak pujian menambah kadar keren lagu ini," kata Arrizal.

 

(penakota.id - fdm/fdm)