GAYAHIDUP
16 Sep 2017 11:00
607
Pandangan Menarik Masyarakat Terhadap iPhone X

Penakota.id - Di sebuah bangunan cincin raksasa di daratan kota kecil Cupertino, California Utara, perusahan yang didirikan oleh Steve Jobs akhirnya resmi mengumumkan serangkain produk terbaru ponsel cerdasnya. Produk-produk terbaru yang diumumkan yakni tiga gadget, di antaranya iPhone 8, 8 plus, dan ihwal yang membuat banyak orang terkejut iPhone X sesuai dengan bocoran yang berkembang sebelumnya. Ketiga produk tersebut diumumkan Tim Cook dalam acara yang dimulai pada pukul 10 pagi waktu Pasifik di aula Steve Jobs Theater, 12 September 2017 lalu. Ini adalah event pertama yang dihelat di ruangan yang berlokasi di Apple Park Campus, Cupertino, Amerika Serikat (AS) tersebut.

Dari tiga ponsel yang diluncurkan Apple tersebut, iPhone X bisa dikatakan jadi tonggak sejarah Apple untuk perayaan satu dekadenya. Pasalnya memang satu produk ini juga menjadi simbol yang menandai sepuluh tahun kiprah iPhone di industri ponsel cerdas.

Banyak orang yang bingung atas pemberian nama produk. Kebanyakan orang mempertanyakan mengapa di produk terbarunya ini iPhone melongkap dari produk iPhone 8 ke iPhone X (baca ten/sepuluh). Tidak ada angka 9 dalam produk terbarunya. Kendati orang bertanya-tanya, pihak iPhone sendiri tidak menanggapi dan memberikan penjelasan secara resmi.

Berkaca dari kasus kelongkapan tersebut, para pecinta ponsel cerdas iPhone akhirnya menduga bahwa kasuistik tersebut sama dengan kasus Microsoft. Mereka beranggapan bahwa Apple telah mengikuti  apa yang telah dilakukan sebelumnya oleh Microsft.

Kita ingat, Microsoft merilis sistem operasi baru Windows 10 setelah Windows 8. Tidak ada OS Windows 9 yang dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Redmond Washington itu.

Penjelasan paling dekat yang diutarakan Microsoft soal mengapa tidak ada Windows 9 terletak di kaus yang dipakai oleh Head of Windows di Microsoft, Joe Belfiore.

Belfiore di atas panggung konferensi developer Microsoft Build, menggunakan kaus bergambar kode binari, yang jika diterjemahkan "Windows 10, because 7 8 9".

Angka 8 di situ dibaca "eight," serupa dengan kata "ate", bentuk lampau dari "eat," yang bisa diartikan "memakan". Jadi, secara harfiah bisa dijelaskan: kenapa Windows 10? karena Windows 7 "memakan" Windows 9.

Ihwal Menarik Dari Peluncuran iPhone X

Sementara iPhone 8 tak banyak mengusung perbedaan dari ponsel-ponsel pendahulunya, iPhone X memiliki banyak pembaharuan secara signifikan. Kita dapat melihat ini mulai dari bentuk yang mengutamakan layar besar dan nyaris tanpa tepi. Selain itu pada produk ini juga tidak terdapat tombol home yang selama ini menjadi ciri khas iPhone. Hilangnya tombol tersebut juga membuat Apple tak lagi menggunakan TouchID. Sebagai gantinya, ponsel ini menggunakan FaceID yang dipadu dengan sistem kamera terbaru bernama TrueDepth. Konfigurasi ini memanfaatkan sensor pemindaian secara canggih dipadu dengan software yang mampu mengenali wajah pengguna.

iPhone X bukan perangkat yang murah. Dalam kurs AS, iPhone X dengan storage 64 GB dibanderol dengan harga 999 Dollar atau setara 13 Juta Rupiah. Serta storage 256 GB dibanderol dengan harga 15 juta Rupiah.

iPhone X tidak tersedia di Indonesia melalui distributor Apple secara langsung. Jika melihat pola iPhone 7 resmi silam, iPhone X akan dibanderol dengan angka yang sedikit lebih mahal oleh distributor resmi Indonesia.

Kehadiran iPhone X  memicu gelombang pendapat dan komentar dari beragam pihak. Ada yang suka, ada yang tidak, ada yang menganggap itu sebagai hal yang biasa saja, ada juga yang menganggap bahwa itu ponsel orang-orang hebat.

Ada 5 orang yang kami kumpulkan pendapatnya, dan orang-orang itu adalah; Mulyana Bebek, Andri Toing, Pepeng Salon, Joni Paku, dan Kardus Soleh.

1. Mulyana Bebek ( Kitchen Crew Warung Kopi)

Saya tidak begitu tertarik dengan produk keluaran baru iPhone itu. Bagaimana saya bisa tertarik? Ngeliat hp iPhone secara langsung aja saya ga pernah. Saya mah yang penting punya hp, bisa facebookan, bisa instagraman. Begitu aja udah Alhamdulillah. Yang penting orang kampung tahu kalo saya habis beli sepatu asli.

2. Andri Toing (Shaver at Pangkas Madura Barokah)

Hmmm, kata temen saya iPhone X itu gamenya lebih canggih daripada hp saya. Saya penasaran, selama ini menurut saya tidak ada yang lebih canggih dari game di hp saya, Space Impact. Walaupun saya sempat kecewa karena layar hp saya tidak bisa berwarna, tapi saya menikmati petualangan demi petualangan yang ada dalam game tersebut. Kadang sambil nyantai nungguin orang mau potong rambut, kadang sambil ngeroko, saya senang. Tapi saya juga penasaran, bagaimana si iPhone X itu. Space impactnya berwarna atau tidak?

3. Joni Paku (Mahasiswa Pemutihan)

Menururt saya iPhone X adalah sebuah kemajuan yang hakiki bagi produk Apple. Sumbangsih demi sumbangsih Apple terhadap saya membuat saya harus mengapresiasi apa yang mereka keluarkan. Saya harus dukung itu. Begini, jadi saat saya mulai memakai iPhone (hp saya iPhnoe 3GS), followers instagram saya bertambah menjadi 250. Suatu kebanggaan bagi saya yang hanya seorang mahasiswa dari desa. Maka dari itu saya patut memberikan apresiasi yang sangat tinggi.

4. Pepeng Salon ( Penjual Cabe)

Saya tidak pernah memperhatikan berita, jadi saya tidak tahu. Kegiatan saya hanya sibuk dagang cabe di pasar. Paling-paling waktu luang saya kepake buat nemenin istri di kamar. Paham lah yak. Sejujurnya saya tidak suka iPhone, itu hp orang-orang hebat, borjuis. Saya ini proletar!

5. Kardus Soleh (Tukang Parkir Pasar)

Hp saya saja baru saya jual untuk bayar utang kalah judi. Sekarang saya merasa sangat sial, saya kalah judi mulu. Tapi bagaimana lagi? Saya kerap ingin bertaubat namun kebiasaan tersebut sudah menajdi penyakit. Anda tahu caranya berhenti ga? Atau tolong antar saya ke Ustad-Ustad yang spesifikasinya untuk para penjudi yang ingin betaubat. Please.

 

(penakota.id - fdm/fdm)