GAYAHIDUP
07 Oct 2017 11:00
741
Ramayana Soul Hipnotis Penonton Synchronize Fest 2017

Penakota.id – Lampu utama Gigs Stage mulai dimatikan. Berganti ia dengan lighting warna-warni. Hijau, merah, hijau lagi, merah lagi, kuning, biru, kuning lagi, dan begitulah seterusnya. Dari depan panggung, lahir aroma menyengat. Dua buah dupa dibakar sehingga menjadikan salah satu ruang pada Synchronize Festl 2017 malam itu (6/10) semakin gamang. Ditambah dentingan melodi-melodi musik yang penuh dengan ilusi, Ramayana Soul, salah satu band dari 25 penampil di hari pertama berhasil menghipnotis orang-orang yang datang untuk menginjakkan kaki di salah satu stage yang diberi nama Gigs Stage tersebut.

Dimulai pukul 21.15 WIB, sang pentolan, Erlangga Ishander yang juga mantan gitaris band legandaris Pestolaer memberikan salam pembuka. Dibaluti pakaian biru dipenuhi bunga matahari warna-warni laykanya Flower Generation atau kaum Hippies, Angga (begitu panggilan Erlangga Ishande) menyapa penonton dengan penuh kelakar yang membuat penonton tertawa sebelum mendadak khidmat saat Angga mulai memetik sitar gitar yang berada dalam genggamannya.

Malam itu Ramyana Soul membuka penampilannya dengan lagu Himpunan Timur Maskapai 5. Nada-nada trippy menyatu dengan lenting suara sang vokalis cantik Ivon Destian membuat para penonton sperti mulai kehilangan kesadaran. Pasalnya, musik-musik yang dihasilkan oleh Ramayana Soul seperti biasa, corak musik campuran India dan Timur Tengah itu telah berhasil membuat penontonnya terhipnotis layaknya pemakai LSD akut.

Dengan permainan yang membangun suasana agak mistis tersebut, Angga (vokal, sitar gitar, harmonium, tabla), Ivon ( vokal), Adhe Kurniawan (gitar, vokal), Irfan (bass), dan Bimo (tabla) membuat sebagian orang yang belum masuk ke dalam ruangan juga seperti tertarik magnet. Mereka terkesan penasaran lantas kemudian menganggukkan kepala mengikuti alunan musik dan jauh dari distraksi.

Ramayana Soul agaknya menjadi band psychedelic satu-satunya yang meramaikan acara Synchronize Fest 2017. Mereka mendaptakan tepuk tangan yang sangat meriah oleh penonton karena penampilannya yang ciamik.

Selain Himpunan Timur Maskapai 5, pada pembukaan acara yang diadakan oleh Demajors dan Dyandra Promosindo di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Ramayana Soul juga membawakan lagu-lagu trippy mereka lainnya. Beberapa lagu tersebut di antaranya Menara Ksatria Mandala, 9, Komplikasi Matra Tatra, Tuan Tanah, Vayu, dan terakhir Rhaksasa.

(penakota.id - fdm/fdm)