NASIONAL
19 Nov 2017 12:00
692
Empat Hal yang Mendadak Viral di Bulan Novanto, Eh November

Penakota.id - Banyak sekali hal-hal atau benda yang mendadak memenuhi timeline media sosial di bulan dan di tahun tertentu. Misalnya kasus Younglex vs Iwa K, Tsamara vs Fahri Hamzah, kaos Turn Back Crime, atau beredarnya video mesum mahasiswi UI di bulan lalu. Hal itu gampang terjadi di dunia digital seperti sekarang. Berkat telepon cerdas, kita dapat melihat apa yang kita tidak lihat langsung. Kita dapat mengetahui walaupun hanya modal nongkrong di kamar mandi.

Sudah barang tentu, zaman sekarang mudah sekali melahirkan paradoks, melahirkan sebuah keuntungan dan kerugian juga bagi berbagai pihak. Pada kasus video mesum misalnya, hal yang patut kita pikirkan adalah bagaimana nasib mereka yang menjadi korban pelecehan? Bisa jadi mereka terpaksa melakukan lantaran adanya tekanan atau paksaan dari pihak lain—misalnya pada kasus penggerebekan dua pasang yang diduga mesum oleh warga. Atau, bagaimana keuntungan yang didapat polisi ketika salah satu atributnya laku di pasaran? Otomatis branding mereka naik dan itu adalah sebuah keuntungan bagi mereka.

Pada bulan ini, banyak sekali hal yang mendadak diperbincangkan di media sosial. Hari demi hari bahkan dengan cepat berganti topik. Bukan lagu November Rain dari Guns N' Roses saja, keputusan seorang artis untuk membuka hijabnya juga menjadi trending topik di dunia cyber. Hari berikutnya, keputusan seorang vokalis untuk mundur dari bandnya yang padahal sedang berada di pucuk kesuksesan membanjiri jagat maya. Semuanya dengan cepat hilir mudik, berseliweran.

Kendati banyak hal yang mendadak viral pada bulan ini, November, berikut yang menarik bagi kami yang patut kalian ketahui.

1. Tidur

Agaknya November ini adalah bulan yang asik untuk melangsungkan pekerjaan tidur. Bagaimana tidak? Di samping cuaca yang mendukung, pekerjaan tersebut bukannya membuat kita lelah malah membuat kita menjadi bugar kembali. Pada bulan ini pekerjaan tidur mendadak menjadi viral lantaran seorang politikus. Ia seolah menjadi trendsetter bagi masyarakat kita untuk melakukan hal serupa. Bahkan ilustrasi setengah badan sang politikus diikuti frasa 'tidur' beredar menjadi design kaos di Mojok Store-Books & Fashion dan dijual seharga RP. 120.000. Fenoma ini hampir mirip dengan fenomena 'Ayat 51'.

Bukan hanya itu, belum lama tagar #papatidur menjadi viral lantaran sang politikus yang kerap dipanggil papa tersebut terlihat memejamkan mata di samping mantan menteri Muhaimin Iskandar dan Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menghadiri pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Rabu (8/11/2017). Sang politikus yan tidak boleh disebut namanya itu mengaku memejamkan mata lantaran khusyuk karena menikmati acara sakral.

“Kita khusyuk mendengarkan doa, gitu ya. Saya khusyuk mendengarkan sesuatu yang sakral,” katanya dilansir dari detik.com.

 

2. Fortuner B 1732 ZLO

Fortuner adalah salah satu jenis mobil Sport Utility Vehicle yang dikeluarkan oleh Toyota dan dipasarkan pada tahun 2005. Mobil yang dirancang berdasarkan platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) itu menjadi satu-satunya rival besar Mitsubishi Pajero Sport. Dapat dibilang, Fortuner menjadi tulang punggung penjualan Toyota di segmen SUV.

Kamis petang (16/11) menjadi awal mula Fortuner menjadi viral. Satu unit Fortuner berwarna hitam dengan plat B 1732 ZLO ditemukan di daerah Permata Hijau, Jakarta Selatan dalam keadaan tertubruk satu buah tiang listrik. Tiga orang diketahui berada dalam mobil tersebut. Di antara orang itu salah satunya adalah seorang politikus yang keberadaanya sedang dinantikan banyak orang, mungkin rindu.

Banyak orang yang memandang kekerenan Fortuner itu. Pasalnya hasil ketika Fortuner tersebut dikabarkan oleh saksi melaju kencang dan tetiba belengkok ke kanan sebelum menubruk tiang listrik, pasca tubrukan kencang hanya kaca sebelah kiri yang pecah. Selain itu, yang buat orang-orang tambah menjempoli Fortuner hitam tersebut adalah saat berita beredar bahwa dua orang yang berada di bangku depan diperiksa polisi, sedangkan satu orang di bangku tengah diperiksa dokter. Ajaib Orang-orang merasa bingung dan bertanya-tanya. Begitulah kekerenan Fortuner yang mendadak viral tersebut.

3. Tiang Listrik Permata Hijau

Entah ini menyeramkan atau apa. Ada satu tiang listrik tertabrak mobil yang sedang melaju kencang (20 km/jam) namun tiang listrik itu masih tegap berdiri. Sangat kuat tiang listrik itu, mengalahkan para lelaki saat diputusi mantannya. Si tiang listrik, dikutip dari Mojok.co saat itu mengaku sedang menangis meratapi nasibnya. Namun saat ia baru saja ingin mulai menangis di tengah hujan, sebuah mobil tiba-tiba menabraknya.

“Saat itu, jujur, saya sedang menangis meratapi nasib. Nangis di bawah rintikan hujan kan nggak ketahuan. Eh, baru aja mau mulai nangis, ada Fortuner nabrak saya. Abis itu saya nggak inget apa-apa lagi dan tahu-tahu pas sadar udah di sini aja. Begini amat ya nasib saya. Mau nangis aja susah,” jelas tiang listrik kepada wartawan Tibun News dilansir dari Mojok.co.

Tiang listrik sempat tak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit Sumber Paras untuk menjalani perawatan intensif di ruang IGD. Sekarang kondisinya mulai membaik.

Berita Tiang Listrik Permata Hijau memang sejauh ini masih simpang siur. Banyak versi yang lahir daripada peristiwa Kamis petang itu. Misalnya kalau si Tiang Listrik Permata Hijau itu, walaupun ia menjadi korban yang ditabrak, namun si penabraklah yang mengidap luka-luka. Tapi, betapa baiknya si Tiang Listrik Permata Hijau, bukannya ia marah—ia malah menjenguk si penabrak. Salut, mungkin si Tiang Listrik Permata Hijau belajar dari sirah nabi Muhammad. Berikut ilustrasi Tiang Listrik saat menjenguk si penabrak yang katanya politikus itu dicomot dari salah satu meme netizen.

4. Bakpao

Sudah banyak yang mengetahui, Bakpao adalah jenis makanan yang berasal dari China. Makanan ini memiliki bahan dasar tepung terigu dan ragi sehingga nampak mengembang. Kemudian bakpao kerap diberi aneka isian sebelum dikukus. Bakpao sendiri sebenarnya berasal dari dua kata yakni, Bak yang memiliki arti daging, sedang Pao berarti bungkusan. Jadi, kata bakpao kurang lebih memiliki arti ‘bungkusan daging’.

Oke cukup basa basinya. Sekarang langsung ke poin pembicaraan. Belum lama makanan yang kebanyakan dijual di depan sekolah-sekolah ini juga menjadi perbincangan warga net. Kenapa? Sebab, kemarin, Kamis (17/11/2017) makanan tersebut menurut seorang pengacara tumbuh di kepala seseorang yang menurutnya menjadi salah satu korban kecelakaan di bilangan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Korban tersebut adalah seorang politikus.

"Beliau mengalami kecelakaan yang sangat parah," kata pengacara itu, Kamis (16/11/2017).

"Perlu MRI, luka di bagian sini (pelipis), benjol besar segede bakpao," sambungnya.

Berangkat dari pengakuan pengacara dengan inisial FY itu, warganet pun mulai penasaran dan memperbincangkan bakpao yang diakui FY tumbuh di kepala seorang politikus yang tidak boleh disebutkan namanya. Misalnya warganet dengan akun @syafirarnt, ia menuliskan kebingungannya di twitter.

''Mana benjol segede bakpaonya, sih?'' kicau @syafirarnt dilansir dari bbc.com.

Kebingungan @syarifarnt coba dijawab oleh akun-akun lain yang membaca, salah satunya @rachmi_flash.

“'Alhamdulillah bakpaonya dah kempes, GWS papa,'' tulis akun @rachmi_flash juga dilansir dari bbc.com.

Bukan hanya mereka berdua, hampir seluruh warga net membicarakan bakpao yang berada di kepala seorang politikus yang konon mengalami kecelakaan karena ingin menghadiri panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat kasus yang dia perbuat. Tagar #savebakapo pun kerap memenuhi dunia media sosial maupun media-media daring dengan nada satir.

Ada pesan di balik peristiwa bakpao. Intinya, jika kita tidak ingin bakpao tumbuh di kepala kita, jangan ciptakan kejahatan ya, My Love(penakota.id - fdm/fdm)