Camilan
Rak Pen...
Wisata
Jendela
Lainnya

Cara Menyukai Puisi

Jumat 23 Juni 2017
349
oleh Redaksi

Penakota. id - Bagi kamu yang belum tertalu ‘doyan’ dengan sastra yang tergolong imajinatif ini, kamu harus intip nih artikel berikut ini. Di sini kami akan mencoba berbagi cerita agar kamu bisa lebih mencintai dan menyukai puisi dengan lebih jujur dan tulus.

Manfaat Membaca Puisi

Baik itu masyarakat kelas bawah, menengah, maupun atas, tentu saja membaca puisi adalah kegiatan yang mana dapat dikatakan nikmat sekaligus menyenangkan.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari membaca puisi. Pada umumnya orang membaca puisi sebagai cara untuk mengisi waktu luang mereka agar lebih bermanfaat. Tetapi ada juga kegiatan membaca puisi ini dilombakan atau dimeriahkan dalam acara tertentu. Hmm, tergantung sih gimana enaknya, yang penting baca hehe.

Dengan puisi mereka dapat menaikkan mood menjadi berkali-kali lipat, mengubah cara mereka dalam melihat suatu hal dan tentu saja menambah wawasan mereka.

Membaca puisi adalah pilihan lain selain membaca berbagai jenis karya sastra yang ada. Orang dapat membaca puisi sembari tetap mengerjakan kegiatan yang ada, karena memang membaca puisi tidak terlalu memakan banyak waktu. Bahkan sering kali orang membaca puisi sambil mengguncang-guncangkan kaki mereka dengan diiringi musik yang mereka sukai. Sungguh ritual ‘kedamaian’ yang mendamaikan (buat sebagian orang sih katanya begitu hehe).

Faktanya puisi juga biasa digunakan oleh mereka yang mana memiliki keinginan untuk meningkatkan skill berkhayal dan memperbaiki tingkat ketepatan dalam menginterpretasi sesuatu. Alasannya, kandungan makna dan majas di dalamnya mampu meningkatkan dengan maksimal kinerja otak dan hati untuk terpacu lebih efektif.

Lalu bagaimana untuk mulai menyukai puisi?

Belajar Tentang Puisi

Dalam memanfaatkan ide untuk menyukai puisi, pastinya Anda harus mampu untuk terlebih dahulu dalam belajar mengenai apa itu puisi. Puisi faktanya memiliki sejarah panjang di belakang popularitasnya.

Puisi berasal dari bahasa Yunani kuno: (poie’o/poio’) = I create, yang berarti sebuah seni tertulis. Puisi telah menjadi bagian dari sejarah bagi suatu Negara maupun individu. Karena dengan puisi semuanya akan menjadi abadi. Anda dapat belajar lebih jauh mengenai puisi dan kebudayaan yang menyertai dari banyak sumber, baik itu buku kesusastraan maupun dari internet melalui banyak artikel di luar sana.

Efek positif dari belajar mengenai puisi adalah pemahaman Anda secara mendalam dan menyeluruh tentang bagaimana caranya untuk memastikan bahwa puisi tersebut memang menarik dan berguna untuk  Anda mengerti. Ini akan meningkatkan selera Anda juga dalam menikmati bermacam jenis puisi di luar sana.

Membaca Semua Jenis Puisi

Tentu saja ada banyak jenis dan gaya kepenulisan yang berbeda dari puisi-puisi yang ada. Namun secara garis besar puisi hanya dibagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru. Selebihnya Anda cari tahu sendiri ya hehe. Percayalah, ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan meskipun Anda adalah penikmat pemula puisi. Anda perlu berpikiran luas terlebih dahulu supaya Anda mampu untuk mencerna berbagai macam ‘varian’ puisi yang ada.


Tujuannya adalah untuk menentukan jenis puisi apa yang paling menarik untuk Anda dan sesuai dengan selera Anda. Biasanya, kebanyakan orang akan memilih untuk menikmati puisi romance dan juga puisi ode.

Namun tiap jenis puisi memiliki kualitasnya tersendiri. Karenanya, Anda harus mencicipi kualitas dari tiap jenis puisi yang ada. Ini akan menjadi pemicu untuk menikmati puisi dengan lebih maksimal lagi.

Mencari Puisi-Puisi Terbaik

Ide berikutnya untuk lebih mampu dalam menikmati puisi adalah dengan mencari yang terbaik di luar sana, terutama pada karya-karya para penyair dan sastrawan Indonesia. Banyak puisi dari mereka adalah yang terbaik untuk dikulik. Ini adalah fakta penting bahwa bila Anda tidak mampu untuk mengetahui puisi terbaik, ini hanya akan bermasalah nantinya pada bagaimana Anda untuk mulai menikmati puisi yang ada terutama puisi-puisi terbaik.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, lakukan perbandingan terlebih dahulu mengenai jenis puisi terbaik yang ada di luar sana. Membaca analisis puisi dan melakukan diskusi dengan ahlinya adalah pilihan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan pastinya. Ini dikarenakan Anda akan mampu untuk menghemat waktu dan juga mampu untuk mendapatkan referensi dengan lebih cepat.

Pelajari Cara Membuat Puisi

Terakhir adalah belajar untuk membuatnya. Ya, dari sana Anda akan semakin mengerti di mana indahnya seni tertulis ini. Ada beberapa cara atau teknik dalam pembuatan puisi. Pelajari dari Internet atau dari teman Anda yang lebih mahir dalam membuat puisi. Percayalah, Anda akan lebih mencintai dan menyukai keindahan puisi bila anda mencoba membuatnya sendiri. Anda akan paham bahwa puisi bukanlah sekedar kata-kata yang diada-adakan.

Nah, gimana udah ada gambaran untuk mencintai sesuatu yang indah ini? Itulah sedikit ‘gurauan’ kami untuk kamu. Tetaplah membaca, dan seperti klise pada umumnya: tetaplah berkarya!

 

(penakota.id - mht/fdm)

Artikel Terkait

Bagikan Cemilan

Pilih salah satu pilihan dibawah