Bodo Amat; Ini Curhat
Cerpen
Kutipan Cerpen Bodo Amat; Ini Curhat
Karya goldilocks
Baca selengkapnya di Penakota.id
Gue tuh tipikal orang yang gampang terpengaruh. Sering banget kegoda untuk belanja onlen. Entah ini lah, itu lah, ono lah. Pokoknya apapun yang menarik atensi. Apalagi kalo udah menyangkut novel yang pengen dibeli, trus ada promo. Behh... rasanya pengen borong aja banyak-banyak buat koleksi.

Tapi, kalo inget derita Lombok, Suriah, Palestina, dan sekarang Palu + Donggala, malaikat gue tuh langsung berbisik;

"Aduh, Jri, bantuan berupa doa itu emang baik. Apalagi kalo lo doain orang-orang secara diam-diam. Tapi tolong, keberadaan materi saat ini tuh sangat menunjang kebutuhan mereka. Lo sih enak, hidup di kota. Masih dibiayain orang tua. Palingan capek dan ngeluh juga karena urusan kuliah. Daerah tempat lo tinggal gak kena konflik. Rumah masih bedinding tembok, beratap genteng. Bahkan tiap hari, sebelum berangkat kerja dengan perhatiannya, Babeh lo selalu nyuruh lo makan. Emak lo masakin lauk-pauk. Lah mereka... boro-boro nuntasin hobi mereka macam baca novel kayak lo, atau perawatan tubuh dan wajah ala-ala Song Hye Kyo / Gigi Hadid macam vlogger-vlogger di yutup. Mereka bisa makan dan dapet tempat tinggal yg layak aja, udah Alhamdulillah banget kali. Coba deh dipikir ulang. Posisiin diri lo kayak mereka, sanggup gak? Doa itu emang baik, tapi doa yang diiringi dengan usaha, itu jauh lebih baik. Dan apa usaha lo? Bantu mereka semampu lo. Jangan lah jadi orang yang fakir."

Trus Iblis gue menyela, "Yaelah, lo hidup aja masih jadi tanggungan orang tua. Sok-sok an mau bantu mereka. Emang lo punya duit berapa? Tuntutan materi lo tiap hari aja, kalo ditotalin sebulan, lumayan. Udahlah, urus dulu hidup lo sekarang. Ntar, kalo udah dapet kerja, lo mau bantu mereka sepengen lo juga bisa."

Dan seperti kebanyakan manusia lainnya, gue pun dibikin bimbang. Padahal gue sadar, krisis kemanusiaan sekarang itu lagi gemes-gemesnya. Di mana kepedulian antarsesama itu rasanya kayak... kutu-kutu yang minta dipitesin. Ada, tapi nyaris punah. Semakin ke sini, bumi seperti bukan lagi bumi manusia. Tapi... youknowwhatimean lah.

Jujur, gue mau bantu mereka. Tapi ya itu masalahnya. Gue masih hanya seorang mahasiswa, yang duit aja tuh masih disubsidi dari orang tua. Kalo ditanya, emang dari semua total jumlah uang saku lo sama sekali gak ada sisa?

Sisa sih udah pasti ada, tapi kendala kayak gamau lepas gitu aja. Hidup itu keras. Ada aja yang harus dikeluarin. Belum lagi, kalo kebutuhan psikis tertunda. Jadi pada akhirnya, duit yang kekumpul itu pun kepake. Lagi dan lagi.

Terus terang aja sih, gue bukan orang yang ahli beragama. Akhlak gue pun masih begini-gini aja. Tapi cita-cita gue, setiap harinya adalah bisa menjadi orang yang berguna. Sebab moto hidup gue seperti yang Rasulullah katakan, "Sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain."

Dan maunya gue tuh, hidup gue di dunia ini gak sia-sia. Gue mau menjadi sosok yang bisa membantu sesama. Bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Sekaligus menyiapkan bekal di akhirat nanti, ketika ditanya; "Apa saja yang sudah kau lakukan di dunia?"

Ah... sedih banget gak sih? :((
Atau sedih aja?
28 Sep 2018 22:37
119
Cipedak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
0 menyukai karya ini
Penulis Menyukai karya ini
Unduh teks untuk IG story
Cara unduh teks karya
Pilih sebagian teks yang ada di dalam karya, lalu klik tombol Unduh teks untuk IG story
Contoh: