Jatisaba dan Realita "Keterbelakangan Budaya"
Resensi
Kutipan Resensi Jatisaba dan Realita "Keterbelakangan Budaya"
Karya pengenceritaaja
Baca selengkapnya di Penakota.id

Novel "Jatisaba" karangan @akmalayda terbitan @grasindo_id @sastra_grasindo .

Membaca cerita ini, mengingatkan saya pada sebuah pesan dari teman saya perihal menuntaskan cinta lama agar tidak menghadirkan memori-memori beracun yang bisa merusak - @risalah_amar .

Sebagian besar buku ini menceritakan tentang kenangan-kenangan masa lalu - yang kemudian dijadikan pondasi untuk membangun isu utama cerita. Apa isi utamanya? Sebuah potret realita sosial yang ada di sekitar kita.

.

"Keterbelakangan budaya" yang dialami oleh desa - bahkan masih di pulau Jawa. Politik kekuasaan, korupsi, dan perihal menghalalkan segala cara untuk dapat meraihnya. Bahkan hal yang paling utama. Bertahan hidup dengan apa yang ada - bukan apa adanya.

.

Membaca buku ini, kiranya ada banyak nilai yang bisa kita ambil. Bersyukur dengan apa yang kita punya saat ini - itu yang utama, selain mempelajari realita sosial yang ada. Sebelum kita hanya terfokus pada permasalahan ibu kota. Desa, adalah tempat di mana kota mendapatkan penghidupannya.

.

Buku ini sangat saya rekomendasikan untuk mereka yang dewasa dan sanggup membuka pikirannya. Lebih dari sekadar aktivis semata. Sebab, ada banyak nilai yang kita ambil untuk dicarikan jalan keluarnya - jika kita ingin menghadirkan hal yang nyata.

.

Hal menarik lainnya dari buku ini adalah bagaimana kita diajak menggali nilai-nilai melalui sosok wanita sebagai tokoh utama - dan menggunakan sudut pandangnya. Melihat nama penulis, akan terasa luar biasa jika kita menilai bagaimana seorang lelaki mengambil sudut pandang dengan kedekatan yang luar biasa dari seorang wanita - yang pada akhirnya saya ketahui dari tenang saya @niskalaa_ bahwa penulis adalah seorang wanita (maaf sebelumnya). Hal ini menunjukkan betapa suksesnya penulis menyampaikan kegelisahannya sebagai wanita tentang realitas sosial yang ada.

.

Terima kasih mbak Ayda, sudah membuka mata saya untuk terus menyadari bahwa ada saudara-saudara kita yang masih membutuhkan rasa peduli - bukan dikasihani.

.

#pengenceritaaja #jatisaba #ramaydaakmal #grasindo #negeribuku #klubbukunarasi #goodreadsindonesia

13 Jul 2020 22:27
179
5, Jl. Kp. Pulo No.22, RT.5/RW.4, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560, Indonesia
1 menyukai karya ini
Penulis Menyukai karya ini
Unduh teks untuk IG story
Cara unduh teks karya
Pilih sebagian teks yang ada di dalam karya, lalu klik tombol Unduh teks untuk IG story
Contoh: