Mantan
Cerpen
Kutipan Cerpen Mantan
Karya pudjirn
Baca selengkapnya di Penakota.id

Pluto, mungkin dampak LDR kau dengan matahari membuat sedikit pilu? Iya Pluto?. Dari dulu sejak aku MI (SD sederajat) aku mengenal kau lewat pelajaran IPA yang guruku sampaikan, kau disebut sebagai planet. Kau berada paling jauh dari pusat tata surya semesta, sehingga mungkin kedekatanmu yang kurang intim dibanding yang lain membuatmu sedikit kehilangan informasi penting perihal apa-apa yang dibutuhkan sang pusat semesta, orbitmu juga sering dibilang tidak jelas, kau bergerak sendirian dengan kekuatan yang telah Tuhanmu berikan, lelah yah Pluto? Walau akhirnya usahamu dianggap kurang untuk tetap diposisi itu kau tak boleh merasa sia-sia, ingat pluto menjadi planet bukanlah segalanya, hee. Melainkan dekat dengan Tuhan lah yang paling nyenengin.


    Aku ingin, mengenangmu Pluto disuasana hujan air seperti musim sekarang ini, mengenang mantan adalah salah satu pekerjaan yang mengalir deras persis suasana hujan, dan kerap kali diluar kendali. Dan kau Pluto adalah mantan planet ditatasurya milik Tuhanku. Pluto, kau adalah persembahan Clyde Tombaugh diawal 1930, kau ditemukan di Arizona. Dari sumber yang aku dapat kau terdiri dari 2/3 batuan dan 1/3 es, suhumu -230 derajat Celcius, sudah jauh dingin pula, lagi-lagi Tuhan memang menciptakan segala sesuatu sangat ajaib.


    Pluto, kau sering disebut planet bungsu, berat manusi Bumi jauh lebih ringan ketika berada di engkau kan, Pluto?. Jadi, kalau manusia bosen dikatain gendut bisa tuh pergi ke Pluto, tapi harus mau jauh dari kekasih, hee mau?(maap Pluto aku tidak, aku sudah mencintai seseorang di Bumi).


    Oiya Pluto kata orang lewat penelitian mereka terhadap kau, kau memiliki umur yang awet muda dibanding kita yang di Bumi tentu karena untuk revolusi dengan matahari butuh waktu lama yaitu 248 tahun waktu Bumi dan pasti perjuangan yang gak segampang membalikkan telapak tangan, hebat ih Pluto, strong ah. 


    September lalu, aku dengar desas desus baru tentang kau, yaitu dari hasil publikasi Philip Metsger seorang astronom dari Universitas Central Frorida, dia mengusulkan kau CLBK (Hee, cieee) apa kau sedang galau?Pluto?. Apa kau benar-benar sedang menyusun strategi untuk segera CLBK?. Atau justru kau memilih untuk move on dan eksis dijalur yang baru?, Aku hanya bisa berdoa untukmu, tentu agar Bumi tempatku ada tak kau mata-matai dengan kecurigaan sehingga aku akan terancam, yaampun aku terlalu nethink. Maap Pluto, semangat ya!.


 


Dah Pluto, 


Salam Damai.


 


                  Dari Manusia Bumi,


                      Pudji RN

05 Apr 2019 10:13
300
Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
4 menyukai karya ini
Penulis Menyukai karya ini
Unduh teks untuk IG story
Cara unduh teks karya
Pilih sebagian teks yang ada di dalam karya, lalu klik tombol Unduh teks untuk IG story
Contoh: