Pengharapan dan ekspetasi
Resensi
Kutipan Resensi Pengharapan dan ekspetasi
Karya williamsulaiman
Baca selengkapnya di Penakota.id

Menurut kamus pengharapan adalah menginginkan sesuatu terjadi, dan biasanya memiliki alasan yang baik, digunakan ketika kita tidak tahu sesuatu akan terjadi atau tidak tetapi kita berdoa dan menginginkan itu terjadi. Sedangkan, ekspektasi digunakan untuk mengatakan apa yang kita yakini akan terjadi, ekspektasi juga berarti berpikir atau mengira. Dalam alkitab harapan bukan sekedar ekspetasi,harapan merupakan yang paling tinggi di dunia bukan hanya sekedar berekspetasi. Harapan merupakan bukti nyata dan solid terhadap janji yang didasarkan pada firman allah ada dasar pada harapan itu dan harapan itu menjadi jangkar karena tuhan tidak pernah berbohong. Singkatnya harapan adalah mengenai kepastian bahwa apa yang telah dijanjikan allah dalam firman nya itu benar.

Sekilas harapan dan ekspektasi itu sama banyak juga yang menafsirkan bahwa ekspektasi merupakan bagian dari harapan. Namun menurut saya hal itu berbeda, menurut saya ekspektasi seperti memaksa atau memfokuskan kepada diri sendiri sehingga ketika apa yang kita ekspektasi kan tidak sesuai maka kita akan cenderung marah dan stress. Ekspektasi juga bersifat jangka pendek dan harus sesuai dengan yang kita inginkan. Namun berbeda dengan pengharapan yang lebih ke jangka panjang tidak egois akan tetapi mementingkan kebersamaan dan keharmonisan. Saya mengutip ayat Alkitab yang diambil dari Ibrani 6:19 “Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir”. Disini saya menyadari bahwa harapan membuat kita bersemangat bukan terobsesi lain hal nya dengan ekspektasi jika ekspektasi tersebut tidak berjalan dengan semestinya maka kita akan mengalami sakit hati yang luar biasa.


08 Mar 2021 13:05
29
0 menyukai karya ini
Penulis Menyukai karya ini
Unduh teks untuk IG story
Cara unduh teks karya
Pilih sebagian teks yang ada di dalam karya, lalu klik tombol Unduh teks untuk IG story
Contoh: