BUKAN PUISI ATAU ORASI MUNGKIN INI REFLEKSI
Cerpen
Kutipan Cerpen BUKAN PUISI ATAU ORASI MUNGKIN INI REFLEKSI
Karya manapthebona
Baca selengkapnya di Penakota.id

STOP MENGAGUNG AGUNGKAN DAN MENGLORIFIKASI SESUATU BERSIFAT "LUAR NEGRI". KOREA, AMERIKA, PRANCIS DAN LAIN LAIN GA CUKUP KEREN BUAT MENANDINGI KEBUDAYAAN KITA


Indonesia adalah negara yang cukup, segalanya cukup kita harus syukuri itu, lalu ketika melihat budaya luar negri karena pengaruh globalisasi apakah ketika kita menikmatinya membuat kita menjadi manusia keren? kita lebih dibanding orang Indonesia yang lain?


ketika melihat turis asing di jalan apakah justru kita harus memberi keistimewaan khusus untuk turis tersebut? tidak! mereka tidak lebih baik dari kita! mereka hanyalah sampah jalanan yang kemungkinan dibuang dari negaranya!


gadis gadis remaja sekarang memastrubasikan laki laki bertampang Korea, yang aslinya muka mereka diibaratkan anak cengeng yang kalau kita sentil aja kepalanya langsung nangis. hanya bisa melenggak lenggok joget dengan centilnya, Indonesia punya ciri khas ketampanannya sendiri, kita tidak lebih buruk dibanding negara lain, negara lain juga mungkin tidak lebih baik dari kita!


jangan menganggap Indonesia adalah ras tertinggal! standar kecantikan kita juga bukan bagaimana kita melihat Korea Jepang Rusia atau negara negara lain, gadis gadis kita memiliki wajah yang anggun, dan menawan, kita punya gaya sendiri kita punya karakteristik sendiri


apalagi tentang kesenian, ngga usah dijelaskan!


walau negara kita masih bobrok, pejabat korup, budaya korup sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh kebanyakan pejabat, guru guru apatis, murid murid yang tidak perduli pendidikan, masyarakat konsumtif, pendidikan masih lemah, pemikiran masih jongkok, pengangguran merajalela, mata uang yang tidak begitu kuat, pemerintah yang semena mena, mental masyarakat yang masih dijajah, dan masyarakat masih belum cukup pintar.


tapi ini tanah kita, ini tanah Pertiwi yang harus kita cinta! tanah tempat dimana kita merasakan cinta!

dimana kita bisa tersenyum, tertawa lepas, tanpa harus memusingkan apa yang akan terjadi esok hari!


untuk Indonesia kita harus bangga! bagaimana pun yang terjadi, ini lah kita!


kita harus bebenah, untuk masa depan dan kelangsungan kita!

10 Jun 2024 22:07
17
0 menyukai karya ini
Penulis Menyukai karya ini
Unduh teks untuk IG story
Cara unduh teks karya
Pilih sebagian teks yang ada di dalam karya, lalu klik tombol Unduh teks untuk IG story
Contoh: