Camilan
Artikel Penakota
HUMANIORA
04 Apr 2021 16:46
1123
Teori Cahaya: Menatap Tubuh Bergelimang Warna

Penakota.id - Berbicara soal cahaya, saya jadi teringat akan sebuah peristiwa sains yang diabadikan Storm Thorgerson pada cover album Pink Floyd, Dark Side of The Moon. Sebuah cahaya menembus prisma,...

HUMANIORA
24 Jan 2021 14:55
996
Bulbbul: Kisah Horor Negara Persemakmuran

Penakota.id - Penulis Inggris Arthur Eric Blair, atau lebih dikenal melalui nama pena George Orwell, adalah seorang kesepian di masa kanak-kanak. Semenjak pindah ke Inggris ia hampir tak pernah berte...

HUMANIORA
24 Jan 2021 14:35
1523
Gagalnya Eksperimen Medis dan Penggelapan Sejarah

Penakota.id - Dalam penulisan sejarah, lazimnya terbagi atas dua pendekatan yakni menulis orang besar atau orang kecil. A.L.Rowse (1946) menyebut pendekatan yang paling logis dan konkret adalah dengan...

HUMANIORA
16 Jan 2021 21:59
1149
Delapan Pilihan di 2020

Delapan buku favorit ini murni versi saya, bukan representasi situs ini. Kebetulan karena privilese dan kemudahan akses, maka ditulis di sini. Setiap karya atau apa pun itu yang dipilih seseorang, mak...

HUMANIORA
06 Dec 2020 09:28
1202
Apa yang Kita Ketahui dan Tidak pada Hari Ini

Hari ini kita mengenal istilah-istilah baru. Pandemi memaksa membawa semua gerbong itu. New normal, lockdown, herd immunity, protokol kesehatan, uji cepat, uji usap, 3M, PSBB, ODP, OTG, PDP, WFH, dan...

HUMANIORA
31 Oct 2020 17:09
1517
Tubuh Novel, Jiwa Romcom

Penakota.id - Bagaimana seandainya sebuah novel ditulis bernyawakan film komedi romantis alias romcom? Saya kira, novel Candra Aditya, When Everything Feels Like Romcoms, adalah jawaban atas pertanyaa...

HUMANIORA
27 Sep 2020 23:23
1882
Kenangan dan Trauma Kehilangan

Penakota.id - Tidakkah kita menyadari hal-hal yang hilang di sekitar kita? Seperti alat hitung sempoa, gim yang kita kenal dengan game-bot, kartu bergambar, dan barang-barang lain yang pernah menghias...

NASIONAL
20 Sep 2020 12:08
977
Diskriminasi dan Nasionalisme dalam Amuk Pes di Malang

Penakota.id - Ada kebodohan dan keteledoran pemerintah saat wabah pes melanda Malang. Ada pula kisah diskriminasi dalam sejarah kesehatan itu. Filsuf Prancis Albert Camus pernah menulis novel La Pest...

HUMANIORA
20 Sep 2020 02:13
1792
Mengapa yang Dekat Begitu Asing: ‘Kita’ dan Sastra Asia Tenggara

Penakota.id - Beberapa waktu silam, ada satu pertanyaan yang dilemparkan di akun twitter (at)literarybase. Hal itu membuat saya sedikit bernostalgia. Pasalnya, pertanyaan itu pernah sekali waktu saya...

HUMANIORA
05 Aug 2020 15:38
1655
Mengungkap Abadinya Momok 1965

Penakota.id - Selain Agustus, September merupakan bulan yang akan diingat oleh bangsa Indonesia. Bila Agustus diingat sebagai bulan yang penuh suka cita dan gegap gempita serta heroisme karena Indones...